kristalkeun!

KRISTAL adalah sebutan bagi mahasiswa kristen dan katolik di kawasan Timur Jauh dari Kampus ITB. Terkadang maknanya diperluas menjadi mahasiswa nonmuslim dari kawasan tersebut. Kali ini saya cuma mau membahas tentang Kristal di himpunan saya, TERRA, terutama di angkatan yang saya sayangi, 2009.

Pertama kali saya mendengar istilah ini pas ‘masa bersenang-senang’ dahulu. Ketika itu, teman saya, Nando, ditugaskan oleh TERRA (dulu manggilnya gitu, mirip kalo loe manggil dokter lah. Pasti kan nyebut namanya ‘dokter xxx’) Ronnie  untuk mengorganisasi suatu pesta adat bagi massa TERRA. Tadinya saya kira pesta adat itu seperti pesta adat suku saya, ada tarian, makan-makan, dan seru-seruan. Ternyata pesta adat di TERRA itu adalah sebutan untuk acara keakraban bagi senior dan junior dengan menu makanan utama, dan tidak bisa tidak, yaitu babi a.k.a ayam-kaki-empat a.k.a daging-dewa. Acara ini mestinya diadakan tiga kali, dengan rentang waktu tiap acara satu bulan. Versi masakan dari babi tersebut harus beda di tiap pertemuan. Kalau bulan ini dengan masakan khas afrika, bulan depan khas latin, bulan depannya lagi khas eropa, dan seterusnya. Pokoknya tidak boleh sama. Peraturan ini baru diterapkan pada angkatan saya, karena menurut cerita senior saya pada saat acara ini, tahun-tahun sebelumnya cuma ada satu versi yang sama di tiap pertemuan. Jadinya cepet bosen. Syukurlah angkatan kami punya tim survei makanan yang handal, yaitu Anno, Apul, Bimo, Dody, dan Ruth sehingga variasi makanan terjamin di tiap pertemuannya. Sebenarnya kriteria rumah makan tempat acara adalah menyediakan menu masakan daging dewa tersebut, kami ga harus makan daging tersebut, jadi yang berpantang pun tidak ada masalah. Karena yang terpenting dari acara ini adalah esensinya: bagaimana kami saling mengenal, berbagi, dan mengerti satu sama lain. Berbeda dengan jurusan lain, yang mengadakan acara ini mungkin hanya sekali dan mewajibkan junior membayari senior, di TERRA berlaku hukum bayar masing-masing. Jadi setidaknya bebannya diperingan. Poin plusnya adalah himpunan kami mengadakan pesta adat ini jauh lebih dahulu dari tetangga-tetangga kami di Timur Jauh.

Selain mengorganisasi pesta adat, di angkatan saya ada persekutuan doa. Persekutuan ini diawali oleh dua orang kristal angkatan 2009 yang merasa bahwa sukacita berdoa itu harus dibagi, ga boleh disimpan berdua. Singkatnya, sepi kalau doa cuma berdua. Sejak saat itu, kristal angkatan saya sering mengadakan doa bareng, biasanya setelah kumpul angkatan, malam hari di basecamp tercinta. Topik doa saat itu macam-macam, mulai dari masalah angkatan sampai masalah osjur. Dalam persekutuan doa tersebut ada sharing, biasanya si pemimpin acara memberi topik besar yang mau didoakan, lalu tiap anggota dimintai pendapatnya, atau anggota boleh berbagi apapun tentang kisah hidupnya yang dinilai relevan dengan keadaan saat itu. Setelah itu kami memuji Tuhan bersama, lalu doa bergilir. Senangnya jika doa kami memiliki dampak, minimal bagi kami sendiri, setidaknya jadi tidak takut dan gentar menghadapi masa-masa itu.

Lepas dari ‘masa bersenang-senang’, kami diberi tugas baru oleh TERRA Ronnie. Mengadakan acara Natal TERRA KRISTAL. Tantangannya adalah menghadirkan massa TERRA saat liburan dan mengondisikan acara selama liburan. Memang agak susah sih, tapi setidaknya Si Bos memampukan sehingga acaranya dapat berlangsung dengan baik. Senangnya lagi teman-teman non-Kristal memberi support sehingga tambah semangat. Thats what families are for.

Keinginan terbesar saya adalah membagi sukacita ini kepada adik kelas saya, sehingga mereka tidak menganggap hal yang diberikan senior sebagai beban, tetapi sebagai hal yang menyenangkan, karena di balik semua hal ada esensinya, baik tersirat maupun tersurat.

Terima kasih untuk partisipasi teman-teman kristal09 seperti Anno, Apul, Bimo, Cakra, Dody, Firda, Joshnick, Nando, Nuel, Ruth, Tina, dan Vanno, atas kerjasama yang baik selama ini. Kangen nih ngumpul bareng lagi seperti ‘masa bermain’ dahulu.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s