what He taught me (part 5)

Saya selalu ingat, jika saya sedang kesal, sedih, dan tidak ada yang bisa menemani saya,

Dia selalu berkata,

“Jalan yuk. Menjauhlah dari rutinitasmu, sebentar saja. Kita cari variasi supaya kamu tidak bosan.”

Kemudian saya mengambil waktu sendiri, dan merenung. Biasanya sambil jalan-jalan, atau dalam perjalanan menuju tempat aktivitas saya.

Kemudian, di tengah jalan, Dia ngomong lagi,

“Lihat sekelilingmu. Nikmati keadaannya. Sadarilah bahwa Aku mengasihimu.”

Saya melihat keadaan sekitar saya, pasti ada saja yang Dia tunjukkan dan membuat saya tersenyum. Kemudian mood saya membaik, jauh lebih baik dari semula.

Ada beberapa contoh perbuatan kecil yang Dia lakukan.

Waktu itu saya sedang sedih karena suatu masalah, rasanya sedih sekali ditinggal sendirian. Mau nangis tidak bisa, karena sedang forum formal. Kemudian tiba-tiba hujan turun dengan derasnya, seolah Dia berkata kepada saya, “Kamu tidak sendiri, masih ada Aku yang selalu bersamamu dan mengerti masalahmu. Kalau kamu tidak bisa menangis, lihatlah hujan yang turun dengan derasnya. Masih ada yang mau menangis denganmu.” Ajaibnya, saya jadi tidak mau menangis dan tidak merasa sendiri lagi.

Kemudian saat sayasedang down banget, dan tanpa saya sadari, seharian itu tidak ada hujan turun setitik pun. Padahal Bandung itu normalnya tiap siang turun hujan deras. Langitnya juga berbintang penuh. Cucian saya juga kering *lho. Saat mengangkat jemuran, saya memandan langit dan melihat bintang (sesuatu yang selalu saya lakukan tiap malam hari pada perjalanan menuju kosan). Saat memandang bintang, seperti biasa, Dia berkata, “Hari ini cerah, banyak bintangnya. Besok kamu harus cerah, bersemangat, dan sukacita! Jangan sedih lagi.”

Sepertinya Dia selalu punya cara untuk membangkitkan semangat saya, walaupun dengan hal kecil yang tidak saya sadari. Kalau kata Yuny, teman saya, bisa dibilang sebagai kebetulan yang ditakdirkan.

*terimakasih atas penyertaannya melewati masa transisi ini.

Leave a Reply

