that’s how I congratulate them

Seorang Apulina Priska mempunyai cara-cara tersendiri untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada seseorang yang didasarkan atas dekatnya relasi, jarak antara dia dan yang berulang tahun, serta ketersediaan waktu dan biaya, karena hati dan logika harus seimbang.

Untuk orang-orang yang cukup berarti dalam hidupnya, dia tidak pernah mengucapkan selamat ulang tahun melalui facebook. Kalau untuk keluarganya (misalnya ulang tahun ayah, ibu, kakak, dan anniversary orang tua), diusahakan untuk bisa pulang ke rumah bagaimanapun caranya, paling tidak bisa kumpul dengan keluarga, karena ada ritual khusus di keluarga Sembiring jika ada hari spesial, yaitu doa bersama. Hal tersebut merupakan hal yang jarang bisa dilakukan karena kesibukan seluruh anggota keluarga.

Untuk teman-teman yang memberi arti dalam hidupnya, biasanya ada sedikit perlakuan khusus, namun tidak berlebihan, misalnya memberi kado atau mengucapkan selamat ulang tahun secara langsung, dengan pesan singkat, atau telepon. Kalau sangat terpaksa sekali karena hambatan jarak dan waktu, biasanya menggunakan jasa social media (kalau benar-benar kepepet). Intinya karena ulang tahun orang yang spesial, maka treatmentnya harus spesial. Melalui social media soalnya berkesan terlalu umum dan nyaris tidak ada sentuhan personal.

Sebisa mungkin, dia tidak menggunakan jasa social media untuk mengucapkan selamat, kecuali dia tidak tahu nomor telepon orang tersebut atau tidak sempat bertemu. Mungkin sedikit aneh, namun inilah yang bisa dia lakukan untuk menghargai mereka, orang-orang yang dekat dengannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s