perbandingan antara jasa travel yang pernah saya gunakan

Tulisan ini dibuat dengan tujuan murni untuk berbagi. Tidak ada tekanan dari pihak manapun. Merupakan pendapat murni penulis, boleh setuju boleh tidak. Dilarang keras promosi.

Saya akui, saya memang agak rewel dalam memilih travel. Alasannya karena pulang ke kampung halaman (baca: Jakarta bagian Selatan, deket Bintaro, BSD, dan Pondok Indah) itu waktunya terbatas, jaraknya agak jauh, dan, kalau bisa dibilang, saya harus bisa memanfaatkan waktu seefisien mungkin supaya tidak mengganggu aktivitas lain. Sebenarnya kriteria travel idaman saya itu (#eaa) nggak susah kok. Yang penting aman, tepat waktu, dan nyaman. Harga tiket dan fasilitas lainnya bukan yang utama, walaupun kadang diutamakan juga sih, apalagi kalau akhir bulan. Yaudah, langsung aja dimulai ya.

1. xtrans.

Mottonya sih pelopor ontime shuttle. Kenyataanya memang begitu, sampai sekarang kalau saya naik xtrans belum pernah ada masalah kelamaan di jalan, kecuali kalau memang kena macet, seperti yang tak sengaja selalu terjadi kalau ke BSD. Selebihnya, jika keadaan jalan tidak bermasalah, waktu yang ditempuh dalam keadaan lancar sekitar satu jam 45 menit, dalam keadaan normal sekitar dua jam, kalo ke bandara di Jakarta sekitar tiga sampai empat jam. Tarifnya sih bervariasi tergantung jarak dari Bandung ke pool yang kita tuju, misalnya kalau ke Bandara harganya Rp 90.000 (CMIIW) tapi kalau pake member card, kartu pelajar, kartu mahasiswa, mesen rada banyakan (lebih dari 3 orang), lansia, dan anak kecil, ada harga khusus, biasanya sih diskon Rp. 10.000 untuk jurusan Bandung. Biasanya berkapasitas 10 orang dengan nomor 1 di depan, nomor 4, 7, dan 10 di kanan, 2, 5, dan 8 di kiri, tapi nomor 2 dan 5 di sebelah pintu, dan nomor 3,6, dan 9 di tengah. Kalau duduk di nomor 5 siap-siap sering berdiri, karena jika kursi nomor 5 digeser merupakan akses masuk ke kursi nomor 8, 9, dan 10. Kursinya bukan personal seater. Walaupun demikian, semua kursi enak kok, bisa diatur posisinya tanpa mengganggu penumpang lain. Kalau pengen selonjoran, disarankan pilih nomor kursi 1 sampai 4. Fasilitas yang diberikan sebelum berangkat adalah sebotol air minum dan pasti gampang nyari taksi yang bagus. Kalau pakai jasa travel ini, saran saya kumpulkan tiket anda, karena beli 10 tiket gratis 1 tiket dan bisa ditukar dengan member card. Lumayan kan?

Pengen nyobain? Nomor teleponnya bisa diperoleh di http://www.xtrans.co.id karena masing-masing pool beda nomor teleponnya. kalau menghubungi pool Bandung, pastikan anda menghubungi pool yang bertujuan ke tempat yang anda tuju. Biasanya jadwal keberangkatannya antara setiap satu jam atau dua jam.

2. cititrans

Motonya executive shuttle, mungkin karena merupakan travel pertama yang ke Bandung dari Sudirman. Saya sering menggunakan jasa travel ini karena mudah dijangkau dari kosan. Tiketnya Rp 70.000,- ke semua jurusan, diskon hanya berlaku jika travel ini membuka jurusan baru atau promo kartu kredit. Kursinya merupakan personal seater, yaitu satu orang satu kursi, jadi kalau anda agak urakan gerakannya gak akan mengganggu sebelah anda. Kalau beruntung, anda akan menemukan bantal di kursi anda. Mobil yang digunakan ada dua tipe, 7 kursi atau 10 kursi, namun keduanya sama-sama memiliki personal seater dan nomor 7 ada di samping supir. Kalau ingin selonjoran dengan nyaman, bisa pilih nomor 1 dan 2 (untuk semua mobil), kalau ingin tidur dengan santai bisa pilih nomor 5 dan 6 (untuk 7 seater) atau 9 dan 10 (untuk 10 seater). Satu baris terdiri dari dua kursi, jadi tidak ada yang duduk di tengah. Standar waktu Cititrans adalah 2 jam 15 menit dalam keadaan standar. Biasanya travel ini banyak yang pesan tiketnya, jadi saran saya kalau ingin menggunakan travel ini booking tiket anda jauh-jauh hari agar dapat kursi atau langsung ke travelnya untuk waiting list. Fasilitas yang diberikan adalah sebotol air minum dan ruang tunggu yang nyaman karena tvnya flat screen. Sayangnya agak susah nyari taksi. Seperti xtrans, kumpulkan 10 tiketnya maka gratis 1 tiket dan pembuatan member card. Member cardnya bisa dipakai buat kartu diskon dan ada reward pointnya yang bisa ditukarkan dengan hadiah-hadiah. Kalau lupa jadwal keberangkatan, biasanya call center akan menelpon anda sekitar setengah jam sampai 15 menit sebelum keberangkatan untuk memastikan keberangkatan, jika anda telah memesan, karena cititrans sering waiting list.

Pengen nyobain? Bisa hubungi 021-45867111 (di Jakarta) atau 022-2533700 (di Bandung). Tapi kalau dari Jakarta mau nelpon ke call center Bandung sih tidak masalah, soalnya travel ini bersistem call center, hanya hubungi satu nomor untuk ke semua tujuan. Biasanya jadwal keberangkatannya antara setengan sampai satu jam sekali.

3. daytrans

Biasanya make karena relatif enak kalau pulang ke kantor bokap, tinggal jalan kaki. Harga tiketnya Rp 70.000,- ke semua jurusan tapi ada diskon Rp.10.000,- untuk member, lansia, pelajar, mahasiswa, dan anak kecil. Selain member, jangan lupa bawa fotokopian tanda pengenal biar dapet diskon. Khusus pelajar dan mahasiswa yang jadi member, harga tiket bisa jadi Rp 54.000,-. Standar waktu travel ini 3 jam dalam keadaan standar. Mobilnya berkapasitas 8 penumpang dengan nomor 1 di samping supir, dan nomor 4 dan 5 merupakan personal seater. Di masing-masing mobil ada TV, kalau supirnya inget biasanya ada film yang diputar. Fasilitas yang diberikan adalah air minum (kadang botol, kadang gelas), dan gratis koran pagi jika anda berangkat pagi hari. Kadang-kadang salesnya suka lupa ngasih, jadi tagih aja. Untuk jadi member, kumpulkan 5 tiket anda, tapi gak ada gratis tiket. Member cardnya bisa dipakai untuk diskon di tempat lain, lho.

Pengen nyobain? Bisa hubungi call centernya di (021/022) 70636868. Jika malas nelepon, bisa booking lewat twitter dengan cara DM @DayTransBooking, booking lewat Yahoo!Messenger atau kirim BBM yang bisa ditanya ke call centernya. Jadwal keberangkatannya setiap dua jam di hari biasa dan setiap satu jam di weekend.

4. cipaganti

Orang tahunya kalau travel ke Jakarta pasti Cipaganti. Tapi saya jarang pakai travel yang ini, karena lokasinya rada gak strategis dari rumah dan kosan, serta pengalaman waktu naik cipaganti yang ngetemnya kelamaan di BTC. Kata teman saya sih enak, tapi mending cobain sendiri deh. Nomor teleponnya bisa diperoleh di http://www.cipaganti.co.id, bisa juga pesan lewat Yahoo!Messenger. Selain sistem shuttle, cipaganti menyediakan travel door to door (kita dijemput sama travelnya) serta travel ke kota-kota lain di Pulau Jawa.

5. baraya

terkenal sebagai travel termurah se bandung raya. kursinya sih agak umpel-umpelan, yang personal seater cuma satu kursi, lupa nomornya. standar waktunya sekitar empat jam, kadang-kadang berangkatnya ngaret kalau mobilnya belum penuh. Harga tiketnya sekitar Rp. 50.000,- untuk semua jurusan, kadang-kadang ada diskon, sering-sering aja tanya ke call centernya. Nomor teleponnya saya lupa, tapi kalau di Bandung poolnya ada di Dipatiukur depan Unpad, Dago di Gampoeng Aceh, dan pusatnya di Jalan Suci.

Itu aja sih reviewnya, full berdasarkan pengalaman pribadi, tanpa rekayasa.

PS: Happy birthday Jakarta!

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s