Youth Camp: Day 4

Jadi ceritanya hari ini adalah hari terakhir saya di Sintang. Hari ini mandinya lebih cepet dari kemaren. Menu sarapannya soto, jadi inget bandung raya euy. Abis makan langsung sesi sama Pdt. Yafet Mandiangan. Di situ dijelasin gimana caranya generasi muda membangun gereja. Dikoreksi abis deh. Lalu snack, dan sesi foto bareng. Thanks God we have Tante Rossy and Om Gurning, jadi koleksi fotonya banyak kieu. Ternyata ga cuma pesertanya yang narsis, para pendeta dan panitia juga, malah lebih heboh dari pesertanya. Selesai sesi foto yang menghebohkan kieu, langsung sesi presentasi hasil kapita selekta selama dua hari dari kelompok profesional, pengusaha, pns, dan hamba Tuhan. Profesional (kelompok saya) presentasi pertama, karena kami harus profesional. Kemudian disusul pengusaha dengan lagu wajib “Semuanya untuk-Mu, semuanya dari-Mu” dan motto Roma 10:31. Dilanjutkan dengan sesi PNS dengan macam-macam bidang profesinya. Presentasi ditutup dengan penampilan para calon hamba Tuhan. Setelah presentasi, langsung kebaktian penutup biar ngirit waktu. Yang khotbah Pdt. Selvanus Tuhumena, dengan durasi 15 menit dan berisi kesimpulan camp ini.
Abis kebaktian, ada sesi kesan pesan yang diwakili Bang Julianta dan Pamela (dari kelompok Profesional) dan sesi closing ceremony yang disimbolkan pelepasan nametag oleh pejabat setempat (Pdt Robert Tacoy) yang diwakili Amos dan Sani (dari Profesional juga). Jadi Kelompok Profesional itu benar-benar berjiwa profesional. Hahaha.
Selesai acara, makan siang terus siap-siap jalan ke kota Sintang. Pas di jalan Kak Marlon agak ngelucu dikit, masa tugu di Taman Makam Pahlawan dibilang Tugu Selamat Datang -_- Di jalan juga liat bandaranya Sintang, aku bilang sih masih gedean Bandara Pondok Cabe.
Berangkat ke kota naik Kijang. Tujuan pertama ke Rumah Betang Kobus yang jauh banget. Katanya sih tempat penangkaran binatang gitu, jadi disitu ngeliat buaya gede berumur 40 tahun. Tadinya ada orangutan, tapi ga sempet nanya ke pastor yang jaga orangutannya kemana. Yang jagain ini tuh seorang pastor ekspatriat. Rumahnya juga di situ. Tamannya keren banget!
Abis dari Kobus, ke pinggir Sungai Kapuas dengan pick up, abisnya jarang-jarang kan bisa begini. Saya duduk di bagian bak bareng Mas Anto, Bang Ricky, dan satu teman lagi. Seru deh duduk di bak! Berhentinya di depan Kantor Bupati. Pemandangannya kereen!
Setelah ke Kapuas, lanjut ke Pasar Sei Durian. Diajak juga sama Pak Pendeta yang jadi guide buat minum di pinggir sungai, karena di sana ada kafe-kafe yang view-nya sungai. Air sungainya agak keruh mungkin karena pengaruh jumlah sedimen yang terangkut agak besar karena di sana udaranya bersih dan tidak ada sampah di sungai. Kata Pak Pendeta, sekarang tuh lagi musim ‘kering’ sungai (padahal sungainya dalem banget) kalau lagi normal, lantai kafe terendam sematakaki apa selutut gitu. Buset.
Abis ngeliat Kapuas, balik ke Sintang. Ternyata benar gosip ibukota kalau di Sintang banyak GMII, sepanjang jalan ditunjukkin gedung GMII, dan ga cuma satu.
Puas jalan-jalan, balik ke Sei Sawak (tempat camp). Sebelumnya foto gedung GMII pertama dulu, GMII Mahanaim, yang bentuk gedungnya masih klasik. Sampai di camp, ketauan Kak Archie naik di bak truk -_-.
Langsung packing, siap-siap, dan makan malam. Makan malamnya lumayan enak, sup brenebon, capcay, dan daging dengan bumbu sate. Setelah makan nyanyi-nyanyi gajelas bersama peserta dari luar Kalimantan Barat, terus perpisahan dengan mereka (padahal ketemu lagi di Pontianak.) Yang kembali ke kampung halaman di bawah pukul 13.00 naik bus carteran, sisanya naik bus umum. Saya kebagian yang bus umum. Kursinya ga bisa diturunkan karena banyak barang, jadinya saya serasa penyiksaan di Baraya. Susah tidur deh. Ntar lanjut lagi, ya. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s