Sampai Ketemu Lagi, Mbak Upita~

Mbak Upi adalah kakak PA saya yang kedua, menggantikan posisi Kak Tio yang sudah lulus dan harus mengikuti jalan hidupnya kembali ke Jakarta Raya.

Sebenarnya Mbak Upi itu S2 Farmasi, tapi ukuran badannya membuat orang-orang mengira bahwa dia adalah mahasiswa S1 tingkat awal. Sebelum S2 di Bandung Raya, Mbak Upi bekerja jadi dosen di Semarang. Walaupun begitu, Mbak Uupi tetap berjiwa muda.

Pertama kali ketemu, dikenalin sama Kak Tio pas acara Navigators di Dago Pojok, kalau gak salah. Pas nyadar tetanggaan, baru nyadar, ternyata keren juga yaa~ Tapi pas kenal pertama kali sama Mbak Upi kesannya cuma satu, GALAK PISAN! Apalagi aku kan orangnya rada barbar, jadi sering dapet nasihat dan omelan dari Mbak Upi (udah gak ngitung lagi berapa kali diomelin, abisnya tiap ketemu pasti ada aja deh yang kena). Paling seru pas ketauan lagi osjur, yang menyebabkan kegiatan PA agak terganggu karena harus siap langsung cabut kalau panggilan osjur, itu kena banget lah, ditanyain kenapa mau aja disuruh ikutan, jadinya aku harus ngejelasin sama Mbak Upi tentang budaya di ITB yang beda banget. Apalagi pas ketauan punya temen deket cowok. Pertama-tama Mbak Upinya protes keras, bahkan aku harus ngasitau orangnya yang mana (gatau bakal diapain sama Mbak Upi kalau ketauan), jadinya harus kucing-kucingan deh. Namun kejadian tersebut untungnya hanya terjadi pada setahun pertama saja, dan ternyata kakak-kakak senior saya yang di-PA-kan sama Mbak Upi juga mengalami hal yang sama.

Makin lama kenal sama Mbak Upi, beliau makin sans, terutama sama seluruh anak PA-nya yang mungkin agak aneh bin ajaib. Tiba-tiba aja Mbak Upi suka ngelucu dan ngusilin (aku sering kena diusilin sama Mbak Upi). Kadang-kadang aku malah digodain sama Mbak Upi *heeeuh -__-. Walaupun tambah sans, tapi tetep aja sifat disiplin Mbak Upi masih ada, misalnya kalau sama dia naik motor harus pakai helm, walaupun super deket. Belum lagi kalau dia ngasih saran, walaupun kita gak suka sama sarannya pasti pemikiran kita langsung berubah untuk ikut sarannya. Terus kalau sama dia harus jujur, gak boleh bohong, kalau kita mencoba berbohong pasti ketahuan. Mungkin pertama kali kenal sama Mbak Upi kesannya nyeremin, tapi kalau udah kenal sama dia, pasti tanpa dia nanya pun kita bakal lagsung cerita sama dia, karena emang dia nyaman buat jadi tempat curhat.

Walaupun strict banget, Mbak Upi mengajarkan saya untuk dapat mengasihi orang lain tidak hanya dari tindakan, namun dari perbuatan. Misalnya dalam hal-hal kecil seperti nanyain keadaan adik PA, membantu orang lain jika mereka membutuhkan bantuan, dan dia juga mengarahkan saya untuk membantu orang lain, misalnya dia ngajakin saya menjenguk orang sakit. Pokoknya semua orang diperhatikan deh. Pas saya tiba-tiba drop selama satu semester, beliau sering nanyain keadaan kesehatan saya, ngasih saran minum obat apa, dan menjaga makanan saya kalau lagi makan bareng.

Jumat kemarin, akhirnya Mbak Upi diwisuda S2. Seneng deh. Lucunya, sebelum diwisuda, Mbak Upi minta dikasih bunga dan coklat, jadinya hampir semua adik PA-nya ngasih bunga sampai dia pun kerepotan bawa bunganya, hihihi. Pas hari Minggu, Navigators ITB ngadain perpisahan sama Mbak Upi di rumah Bang Atur. Di situ, sambil makan siang, kami berbagi tentang Mbak Upi. Ternyata gak cuma saya doang yang terinspirasi sama Mbak Upi, banyak juga orang-orang yang merasakan hal yang sama. Kayaknya sedih deh harus pisah sama Mbak Upi, tapi nanti juga ketemu lagi kok. Jadi inget renungan beberapa minggu lalu, kalau berpisah sama orang ngomongnya jangan “good-bye,” tapi “see you again.”

Sampai ketemu lagi Mbak Upi. Nanti foto wisudaannya gak bakal kupake buat nakutin kecoak sama tikus kok, bakal kusimpen. Jangan lupa ngambil yaa😀

Btw, sama Mbak Upi, aku dan Kak Irene dioper ke Ci Wiwiek. Beliau tinggal di Dago Pojok juga, terus saya disuruh sering main kesana. Lumayan, melatih skill UNO sama Kiani hihihi.

Leave a Reply

