tinggal tunggu

hari ini, mungkin karena udah ‘goyang’ dari pagi, pas siang langsung meledak. niatan ke dosbing dua, malah berujung curhat, dan ternyata dua dosbing saya itu, kalau saya bilang, bisa juga direkomendasikan ke angkatan berikut. sampai saat ini, saya lihat, mereka tidak hanya melihat kesiapan akademis anggota bimbingannya, tapi juga mental agar tetap sehat, walau gak langsung.

hari ini juga, pas saya ngobrol sama dosbing kedua gara-gara satu elemen ‘kecil’ dari penelitian saya hampir mengguncang perencanaan saya (dan sedikit kesehatan mental, buktinya saya sempet ‘meledak’ selama setengah jam, dan berlanjut kalau kesundut sedikit), saya merasa, kalau udah kesekian kali Tuhan ingatkan saya, kalau tanpa Dia saya bukan apa-apa, saya cuma bisa lakukan bagian saya, sisanya tinggal tunggu, dan tidak ada yang namanya lewat ‘jalur belakang’ kalau mengenai urusan-urusan begini. dan, sampai sekarang bisa saya saksikan sendiri, sekali coba lewat ‘jalur belakang’, entah bagaimana caranya, selalu Tuhan tutup.

lalu hari ini, dosen saya cuma ngomong, “ya sudah, kamu lakukan bagian kamu untuk menanti elemen tersebut. kamu kan sudah saya arahkan untuk lewat jalur yang resmi, saya berani bantu karena ini memang sifatnya resmi, dan mungkin harus lebih proaktif, karena kamu yang butuh.”

belajar lagi. kalau sudah jujur, tidak ada yang perlu ditakutkan. dalam kasih tak ada ketakutan. jujur itu juga bagian dari kasih, kan?

kembali lagi ke bagian tinggal tunggu. ‘goyang’nya saya hari ini membuat saya membuka salah satu layanan dari, ya, katakanlah suatu lembaga. sudah kesekian kali saya baca persyaratannya, bahkan sudah tanya ke pengurusnya. namun, ada suatu bisikan untuk, “pikirkan lagi, kamu layak nggak?” tapi dari lain sisi, layanan dari lembaga tersebut mungkin dapat sedikit menyelesaikan masalah yang sedang terjadi. ya, namun tinggal tunggu saja. 

hari ini ke dokter, kontrol lagi karena imunitas menurun drastis. dari cerita-cerita dengan dokternya, ternyata ‘meledak’-nya saya hari ini secara tidak langsung bisa mengeluarkan toksin-toksin yang menurunkan imunitas saya.

sudah dulu. maaf kalau ada salah kata.

Leave a Reply

