Review : Daftar NPWP Online

Ceritanya, domisili saya rada ribet. Alamat KTP di Rumah Bu Airin, tapi domisili pindah-pindah dari jadi tetangga Pak RK dan Pak SBY. Sebagai warga yang rada patuh dikit, dan persiapan kali-kali disuruh dinas pake bawa-bawa paspor, akhirnya saya bikin NPWP. Dengan modal kenekatan, saya coba-coba bikin via online, dengan harapan kalau harus sesuai domisili ya tinggal capcus ke rumah Bu Airin, toh saya udah punya kenalan di KPP sana, hasil dari Postcrossing🙂

Sebagai rasa syukur atas keberhasilan saya bikin NPWP (baru dapet nomornya, kartunya belom, kayaknya nyasar deh, masa udah dua minggu ga nyampe-nyampe -__- ) berikut saya bagikan langkah-langkah membuat NPWP online, tapi seingat saya aja ya, lupa ngescreenshot waktu bikin -__- maaf kalau ada salah (sengaja dibold biar ga diprotes sama pembaca)

Berikut langkah-langkahnya:

1. Bikin akun di ereg.pajak.go.id. Kalau mau daftar buat NPWP pribadi, ya pilih Orang Pribadi. Isi formnya, lalu klik Save.

2. Cek email, akan ada email dari eregistration berisi username sementara, password tetap, dan link verifikasi. Klik link verifikasi, lalu login lagi.

3. Udah masuk akunnya? Pilih Permohonan Pendaftaran dan isi formulirnya. Buat para single seperti saya, pilihnya yang Pusat yaa, kalau buat para ceciwi yang punya suami baru pilih Cabang (CMIIW). Sisanya aku ngga terlalu ngerti, kalau pekerjaan aku ngisinya Pegawai Swasta (anggap aja beberapa tahun lagi kejadian, AMIN!) penghasilan rata-rata ya sesuai dengan pengeluaran tiap bulan, untuk sementara. Kalau buat langkah-langkah pengisian formulirnya udah banyak yang buat kok di beberapa blog, rajin-rajin cek aja.

Enaknya di sistem online, alamat tinggal kita bisa beda dengan alamat KTP, jadi membantu banget lah buat para perantau yang ga bisa pulang demi mengurus NPWP saja. Yang penting alamat tinggalnya akurat ya, karena nanti kartu NPWP dan SKT bakal dikirim ke alamat kita🙂

Buat orang pribadi, di bagian akhir cukup upload scan KTP aja.

Selesai mengisinya ? Pilih Simpan dan Proses.

4. Setelah langkah 3 selesai, kembali ke Home, dan pilih Kirim. Setelah itu, cek akun email kita yang digunakan untuk registrasi ereg, karena sistem akan mengirimkan kode token sebagai tanda verifikasi aplikasi pajak kita. Kopi kodenya, balik ke Home di akun pajak kita, dan pilih Token. Selanjutnya, masukkan kode token di email kita ke kolom yang telah disediakan, lau pilih Enter.

5. Di Home, status aplikasi kita akan berubah jadi Kirim. Berdasarkan pengalaman, mulai dari tahapan ini, sering aja untuk cek email.

Biasanya, setelah beberapa hari kerja bakal dikirim email yang menyatakan aplikasi kita disetujui apa tidak. Kalau disetujui, sistem akan mengirimkan bukti penerimaan elektronik yang berisi nomor NPWP kita, serta pernyataan kalau kartu NPWP dan SKT bakal dikirim ke alamat tinggal kita.

Sayangnya, udah dua minggu berselang, kartu NPWP saya belum sampai juga -___- padahal baca di blog orang lain bahwa biasanya rada cepet gitu kartunya.

EDITED : Kata Kring Pajak (nomornya : (kodearea) 500200) kalau udah lebih dari seminggu belom nyampe juga setelah kita menerima Bukti Penerimaan Elekrronik, segera hubungi Kantor Pajak tempat NPWP kita terdaftar buat cari tahu, minta dihubungkan ke Bagian Pelayanan. FYI, nomor telepon kantor pajak di webiste pajak suka ga update, mending telepon Kring Pajak buat cari tau nomor teleponnya. Stafnya baik kok🙂

Gampang kan, ternyata buat ngurus NPWP? Tinggal siap-siap aja buat bikin laporan pajaknya, hahahah😀

Semoga membantu ~

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s