Review : Toko Roti Abadi, Bandung

Awal mulanya, saya ada janji sama temen di B*EC jam 5 sore, tapi harus ngurus kartu NPWP saya yang udah tiga minggu nggak sampai ke kocan (ternyata, kata petugasnya, lagi ada kerusakan sistem di pjk yang menyebabkan suka ada satu kata pada bagian alamat yang hilang, jadi, sebagai permintaan maaf, saya dicetakkan kartu baru, terima kasih Ditjen Pajak! Pelayanan super prima!) . Selesai urusan jam 3.30 sore, yaudah saya jalan kaki ke Toko Roti Abadi, ga jauh ini kok. Sebenarnya ke toko roti ini udah direncanakan kalau mau jalan ke arah BEC, mumpung deket, dan penasaran aja sama review di berbagai web yang bilang kalau bagelennya enak *cetek*.

Dari kantor pajak, gak jauh lah kalau jalan kaki. Lima menit nyampe. Kalau diperhatikan, tokonya agak berseberangan dengan pintu masuk Holiday Inn di Jalan Purnawarman. Tokonya sih gak terlalu mencolok, kayak rumah-rumah jadul dengan papan nama yang cukup besar di depannya. Kiosnya juga cukup kecil, masih gedean kios Roti Gempol.

Pas ke sana, suasana cukup sepi. Maklum, saya datengnya pas weekdays, sore-sore lagi. Karena penasaran, saya langsung cari bagelen-nya, dan pilihannya banyak banget, mulai dari basah atau kering, jenis mentega, dan rasanya. Oiya, buat yang tau kalau bagelen itu roti kering, seperti saya, harap dimengerti bahwa di toko ini, istilah bagelen merujuk pada roti manis. Bedanya bagelen basah (warmbollen) dan kering itu di bentuknya, kalau bagelen basah kayak roti biasa isi krim dan bagelen kering itu roti kering. Gitu.

Selain bagelen yang jadi jualan utama, toko ini juga jualan roti tawar, cookies jadul serta kue-kue jadul. Ada juga cookies diet untuk yang membatasi konsumsi lemak dan gula. Nama cookiesnya juga jadul, seperti kattetongen (lidah kucing), kaastengels, schuimpjes, dan lain-lain. Emang namanya jadul, tapi kalau udah liat, itu kue-kue yang biasa keluar pas ada acara-acara di rumah hahaha😀 Saya sempet beli kue susnya buat cemilan, lumayan enak kok, dan ukurannya gede.

Kalau cek di bungkusnya, dijelaskan bahwa kue dan roti produksi toko ini menggunakan ragi alami. Pas dimakan bagelennya, emang berasa bedanya dibanding dengan kue yang pake ragi modern. Wanginya beda, kalau yang pake ragi alami berasa wanginya seperti buah yang manis dan rotinya dimakan tanpa krim aja berasa manis🙂 Mungkin cerita Madre yang sudah difilmkan itu terinspirasi dari sini, ya?

Ke sini lagi? Mungkin. Mau coba bagelen keringnya. Sama mau beli buat orang rumah sebagai oleh-oleh🙂

====

Toko Roti Abadi

Jalan Purnawarman No 49 Bandung

(belakang Holiday Inn Bandung)

Jam buka : 07.00 – 17.00

Range harga : di bawah Rp 50.000,- (ga merhatiin banget detailnya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s