Review : Bakso (atau Bakwan) Malang di kota Bandung

Beberapa hari yang lalu, saya pengen banget makan bakso malang (di Bandung Raya bilangnya bakso, kalau di Malang bilangnya bakwan, bakso di bandung = penthol di malang). Kali ini pengennya yang agak authentic rasanya, gak kayak bakso malang kw 99 yang biasanya lewat kocan jam 12 siang (walaupun enak juga sih). Yaudah deh saya hunting bakso malang biar hati gembira (terus besoknya makan buah seharian) ~

Syarat bakso malang enak buat saya :

  • Kuahnya ga berasa mecin banget
  • Kuahnya berasa kaldu sapi, garam, dan bawang putihnya dengan proporsi yang pas
  • Siomaynya ga berasa aci, sebaiknya berasa dagingnya, kayak pangsit rebus enak (saya memang sangat suka pangsit rebus siomay rebus dan segala bentuk kulit tepung tipis diisi adonan daging dan dikukus atau direbus, bukan digoreng)
  • Basonya ga terlalu kenyal dan ga berasa kayak tepung direbus
  • BONUS : Kalau bisa saos tomatnya saos tomat jawa timuran yang rasanya tomat banget dan manis banget. awas aja kalau sambelnya pedes. Oiya kalau misalnya ada bihun yang kekenyalannya mirip konyaku, tambah nilai plusnya

Empat dari lima syarat di atas terpenuhi, maka itu merupakan kebahagiaan untuk saya ~

FYI, semua bakso malang yang saya review harganya relatif sama (sekitar Rp 5.000,- untuk setiap buah bakso urat besar, untuk item yang lain pasti harganya sekitar atau di bawah itu. Bakso malang umumnya dihitung per pcs item, sesuai yang mau kita makan aja). Kalau minuman saya gak ngereview, biasanya bawa air mineral botol sendiri.

Semua kunjungan dilakukan saat lapar berat dan katanya kalau lapar semua berasa enak, jadi mestinya waktu itu indera perasa saya nggak korslet.

Langsung aja yaa review bakso malang yang udah pernah saya cobain di Bandung ~

1. Bakso Malang Bom Jalan Maulana Yusuf No 4 Bandung

Kenapa ditaruh di nomor 1? Karena baso ini merupakan baso malang pertama yang saya cobain di Bandung Raya. 

Lokasinya sederetan sama GKI Maulana Yusuf, tapi lebih ke arah Total Buah. Patokannya itu kliniknya dr Kelly.

Tempat ini memenuhi 4 dari 5 kriteria saya di atas, siomay rebusnya enak, baksonya juga. Sayangnya saosnya pake saos botolan khas mamang-mamang bakso Bandung, jadi kurang berasa deh buat saya.

Suasananya emang relatif sepi sih dari yang lain, tapi percayalah, rasanya enak kok😀 Saya aja kalau lagi main ke dukomsel pasti nyempetin kesini buat makan.

Kalau dari faktor tempat, Bakso Malang Bom yang paling homey dari yang lain.

=====

2. Bakso Kota Cak Man cabang Foodcourt BIP Bandung

Kenapa nyobain yang ini? Karena waktu ngumpul bareng temen-temen N*A*V 2009 yang lalu, ada yang mesen makanan di sini dan saya jatuh cinta sama saosnya yang warnanya otentik banget sama saos tomat jawa timuran. Cetek banget emang.

 Yaudah pada kesempatan selanjutnya, saya nyobain makan di sini, demi si saos tomat. Seperti biasa, pesan bakso dan siomay rebus. Pelayanan cukup cepat, dan bumbu tambahan yang disediakan banyak, kayak cuka garam sambal kecap dan saostomat :’)

Langsung saja kita review saos tomatnya. Enak :”) Serasa balik ke masa kecil dimana dulu setahun sekali liburan ke Batu Malang pas summer (nama acara disamarkan) dimana bakso malang gerobakan udah enak banget pake bihun kayak konyaku dan saya sempet bela-belain bungkus saosnya doang, literally. jadi kangen bakwan mentawai batu deh, sama gado-gado bo*plo gerobakan kw1 harganya (karena ngga sampe 5000 rupiah padahal bumbunya kayak boplo, namanya juga gerobakan -_- ) yang ada di batu. abaikan ngelanturnya.

Kembali ke review, selain saos tomatnya yang emang enak menurut saya, siomaynya  sama baksonya juga enak. sayang ukurannya kecil. tempatnya juga nyempil di tengah foodcourt.

=====

3. Bakso Malang Mandeep cabang Jalan Purnawarman (depan XL Purnawarman, di pojokan setelah belokan ke BEC)

Sejujurnya, saya belom pernah ke Mandeep pusat. Tapi karena waktu itu saya salah naik angkot, makanya makannya disini.

Kalau Bakso Mandeep emang udah terkenal di Bandung Raya, katanya sih enak, jadi saya iseng aja nyobain di sini. Waktu terakhir ke sini rada maleman, masih rame banget ngantrinya, tapi pas juga dateng waktu mereka lagi restock.

Pertama makan kesini, langung aja cobain siomay rebusnya sama baso, jangan lupa pake kuah. Sayangnya waktu itu mie sama bihunnya lagi habis padahal laper :(( Jujur saja, setelah masuk mulut, saya jatuh cinta sama siomaynya. Enaak kayak dimsum ~ Jadi nyesel ngambilnya kurang  dan gengsi untuk ngambil lagi😦 Kuahnya juga enak, baksonya lembut ~

Sama seperti Bakso Bom, sayangnya pake saos mamang-mamang baso Bandung.

=====

4. Baso Malang Enggal, cabang Jalan Pasteur Bandung (dekat flyover Pasupati)

Iseng nyobain ke sini karena hampir semua orang merekomendasikan kesini, katanya sih enak, dan reviewnya juga oke. yaudah demi semangkok baso jadinya saya ke sana, tapi ke cabangnya yang di pasteur, kata review orang-orang sih rasanya sama aja, dan tempatnya lebih enak.

baru masuk ke tempatnya, ajegile ramenyoo ~ sayangnya saya lagi sial, di depan saya ibu-ibu yang bolak balik di antrian jadi yang lain lama ngunggu gara-gara dia😦

yaudah, lagsung ambil bakso dan siomay, kali ini pake kresol gara gara laper mata. kalau soal preparation, bakso enggal lebih sigap, buktinya disediakan mangkok piring kecil dan plastik buat bungkus ~

pelayanan dari masnya terlalu sigap malahan, saya belom bayar dia udah siap. setelah dapet meja, marilah kita makan ~ anehnya kuah basonya cenderung plain di mulut saya, beda dengan baso-baso lain yang rasa kaldu sapinya berasa tanpa ditambah apa-apa. untunglah baso dan siomaynya enak. mungkin selera orang beda-beda kali ya.

lokasinya cukup gede dan nyaman kalau buat diajak rame-rame, kayaknya emang segmennya buat keluarga banget.

sama seperti yang lain, saosnya kayak saos mamang-mamang baso bandung

=====

 

demikian review saya tentang baso malang di bandung. sesungguhnya saya tidak dibayar untuk menulis posting ini, malahan saya yang bayar ke mereka untuk beli semangkok baso

demikian ~

Leave a Reply

