Review : Sari Sari Aneka Jajanan Pasar, Bandung

Semua berawal ketika negara api menyerang saya jalan kaki ke rumah bos saya, terus di jalan ada tukang klepon enak dan kleponnya baru diangkat dari kukusan. Sayangnya kalau pengen klepon lagi, agak jauh jalannya jadi pegel.

Lalu, baru ingat, kalau sering baca review tentang Sari-Sari di blog yang sering saya kunjungi. Katanya sih enak, kuenya lengkap, dan harganya terjangkau. Selain itu, akhir-akhir ini konsumsi berupa snack dari acara Prodi atau Fakultas selalu pakai Sari-Sari. Kebetulan mau meetup Postcrosser di Jalan Banda juga, jadinya kan sekalian lewat, itung-itung ngirit ongkos.

Jadilah saya mampir ke Sari-Sari demi sebuah klepon. Waktu itu pukul 11.00 WIB.

Posisi Sari-Sari terletak di depan Total Buah Tirtayasa. Gedungnya berbentuk rumah jadul Belanda, kesannya seperti makan di rumah teman. Begitu masuk, bisa dilihat etalase yang menyajikan berbagai kue-kue jajanan pasar serta menu-menu sarapan yang dapat diambil dengan sistem swalayan. Ada juga makanan kering dan cemilan khas Bandung yang dijual di sini, namun di etalase depan kasir. Tampilan interiornya saya suka, terkesan nyaman, dilengkapi dengan hiasan-hiasan berupa gambar dengan penjelasan beberapa kue yang dijual. Desainnya terkesan jadul tapi tidak norak, selain itu etalasenya cantik, jadinya setiap kesini pasti saya foto terus upload ke Instagram🙂 Sistem belanja di sini adalah ambil makanan yang mau dibeli lalu bayar ke kasir. Nanti di kasir akan ditanyakan apakah akan dimakan di tempat atau dibawa pulang? Kalau dimakan di tempat, makanan yang dipesan akan dipindahkan ke wadah saji berupa piring bambu, mangkok melamin, atau piring keramik, tergantung makanan yang akan dimakan. Di sini teh tawar panasnya gratis dan free refill. Yang membuat serasa di rumah, mug untuk penyajian teh tawarnya tidak ada yang sama🙂

Cerita klepon tadi bagaimana? Sayangnya, kali ini saya kalah tempur karena kleponnya habis diborong sama seorang ibu, di depan mata saya, karena saya kurang sigap. Yasudahlah. Tapi masih terhibur karena bisa menemukan kroket kentang isi daging dan choi pan, yang susah ditemukan di Bandung Raya ini.

Kali kedua ke sini, masih dengan misi mencari klepon. Klepon dapat, namun choi pan tidak. Maklum, datangnya pukul 11.30, di saat weekend, dan setelah ada kunjungan ibu-ibu yang berwisata ke Bandung menggunakan bus pariwisata. Saat kunjungan ini, melihat kwetiau goreng di etalase, namun tidak sempat beli.

Kali ketiga ke sini, hari Minggu jam 12.00, tiba-tiba ingin kwetiau goreng di Sari-Sari, namun kehabisan, tinggal kroket kentang saja. Yasudahlah. Mungkin harus lebih pagi lagi. Sempat nanya ke kasir di sini tentang jam buka tempat ini, katanya sih pukul 05.00 udah buka, tapi hasil googling saya mengatakan kalau bukanya puku 06.00. Entahlah mana yang benar.

Kali keempat kesini, datang sekitar pukul 09.00, dan sudah ramai saja, padahal weekdays lho! Hari ini akhirnya dapat kwetiau gorengnya :”) Rasanya seperti menang perang! Langsung beli 2, satu buat makan di tempat dan satu lagi untuk bawa pulang. Pas belanja di sini, terlihat bahwa untuk kue-kue yang populer, bisa saja dalam sejam sudah habis.

Jenis kue yang dijual di Sari-Sari memang cukup lengkap, hampir seluruh jajanan pasar di Indonesia yang cukup populer ada di sini. Namun, saran saya, kalau kehabisan, silakan kembali lagi esok hari. Saat kehabisan klepon waktu itu, dapat bocoran dari bagian dapurnya, kalau suatu jenis kue sudah habis maka tidak akan ada restock untuk hari itu.

Untuk soal harga, setiap kue yang dijual di sini harganya sangat terjangkau, memang lebih mahal dari di pasar tradisional namun sama atau lebih murah dari harga kue danusan kampus atau kue di kantin kampus. Makanya saya sampai beberapa kali kesini, hahaha.

Ke sini lagi?

===

SARI SARI ANEKA JAJANAN PASAR

Jalan Sultan Tirtayasa No 17 Bandung (depan Total Buah)

Jam buka : 05.00 – 19.00 (kata kasirnya)

Range harga : di bawah Rp 50.000,- untuk setiap menu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s