Review : Lapor Pajak Spesial untuk yang belum berpenghasilan (jika sekian tahun lalu belum lapor tapi ga mau bayar denda)

Halo! Maaf udah lama ga posting. Ternyata jadi mahasiswa master banyak tugasnya, terus sekarang sejak pertengahan tahun lalu harus ‘struggling with something’ (maaf dirahasiakan ya, I’m going to make it a separate post when I’m ready, tapi gatau kapan sih. Hahaha). Pokoknya intinya sekarang hidup harus seimbang both physically and mentally J

Langsung aja ke inti permasalahan, ya, soal pelaporan pajak. As a Christian, there are a lot of verses in Bible that teach us to obey the government we live in and make sure that we make an impact to the place we live in. The verses are available in Old and New Testament. Dalam kasus ini adalah lapor (dan) bayar pajak. Nah, sejak saya ngurus NPWP tahun lalu, kewajiban lapor pajak udah ada, cuma masalahnya ada beberapa :

Tahun I : Mau lapor pajak tapi salah dikasih formulir sama petugasnya. Salah sendiri datengnya pas mepet deadline (tanggal 20-an Maret) jadinya dilayani sama petugas outsorce yang mungkin belom fasih banget sama jenis formulirnya, dan saya mau nanya formulir yang diisi yang mana, malah dikasih formulir 20 lembar dan kudu diisi semua (padahal isinya ada nama PT, nama bendahara dll. Kan saya minta buat perorangan, bukan badan usaha!) . Masa saya dikasih 20 lembar formulir dan kudu diisi semua?! Padahal cuma mau lapor pajak nihil doang. Temen saya yang ngurus pajak nihil di kantor pajak yang sama malah lebih santai, dia cuma tanda tangan doang (katanya) dan bukti pajaknya keluar.

Tahun II : Ceritanya saya dapet honor bulanan dari penelitian pak bos, katanya dipotong pajak 6%, tapi pas minta receipt honor ngga dikasih sama orang TU karena dinilai honor satu tahun tersebut belum melewati nilai Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Mau lapor lagi tapi trauma sama peristiwa tahun lalu, dan googling ternyata ga harus lapor pajak, yaudah deh ga lapor.

Tahun III (sekarang) : Sengaja dateng di awal bulan Maret demi mendapat kepastian mengenai laporan pajak saya. Sempet nanya ke temen yang urus laporan pajak nihil tahun lalu, ternyata mulai tahun ini diarahkan pelaporan pajak pake e-Fin. Yaudah saya cus ke KP. Pas di KP, ternyata tenda pelaporan pajak baru dipasang dan kantor pajaknya agak sepi sehingga bisa bebas nanya-nanya. Pas sampai KP, saya menanyakan ke petugas kebersihan sama mamang satpam tentang masalah saya, dan saya diarahkan ke helpdesk KP untuk diskusi, biar semua jelas adanya, karena googling malah ga nemu jawabnya dan jadi bingung sendiri. Akhirnya ke meja helpdesk deh.

Sampai di meja helpdesk, saya bertanya ke petugas pajak apakah kalau penghasilan di bawah PTKP harus lapor apa tidak. Kata beliau sih sebenarnya TIDAK WAJIB LAPOR, tapi karena punya nomor NPWP, jadinya malah WAJIB LAPOR. Kalau telat lapor dendanya Rp 100.000,- yang dibayar pas pelaporan. Saya udah pucet aja, mana honor belum turun lagi L Namun, petugas pajaknya memberi pencerahan, katanya kalau ga mau ribet lapor, selama belum berpenghasilan (tetap) yang di atas PTKP, ajukan saja PE-NON-EFEKTIF-AN NPWP. Jadi, sampai punya penghasilan tetap di atas nilai PTKP, akun NPWP kita sifatnya dormant, sehingga kita dibebaskan lapor wajib tahunan, dan bebas dari denda Rp 100.000,- Nanti kalau udah punya penghasilan tetap di atas PTKP baru diaktifkan lagi akun NPWP-nya di kantor pajak yang mengeluarkan NPWP kita.

Lessons learned :

  • Kalau urus urus di kantor manapun, kadang-kadang mamang satpam lebih tau daripada orang outsorcing
  • Uruslah pelaporan pajak sebelum bulan Maret supaya lebih santai. Sebaiknya pake e-Fin biar ngga ribet lapornya
  • Bingung gimana isi formulir pelaporan pajak? Biasanya di kantor pajak ada kelas belajar mengisinya

Hope it helps!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s