log 10 (TA)

Kriteria calon dosen pembimbing:

1. Emang ahli di bidangnya

2. Mau menerima saya apa adanya

3. Saya emang ngerasa cocok sama beliau

Denger-denger gosip dari partner-in-crime saya, katanya temen-temen saya udah pada ngelamar dosen buat TA, apalagi abis Karsam kemarin, pada nge-take dosen gitu, karena rata-rata dosen yang ikut Karsam kali ini asik pisan, apalagi yang ikut pas survei geofisika. Ceritanya, saya emang udah pengen banget topik tertentu, tapi masih galau, apalagi tentang dosennya. Ada dua orang dosen yang menguasai topik yang saya pengenin itu, satu yang rada senior, satu yang rada junior. Dua-duanya baik lagi dan terkenal sebagai dosen paket A. Nah, tambah bingung, kan?

Akhir kata, saya galau. Dari awal bulan Agustus, nama dosen jadi topik doa, selain urusan KP yang entah kapan dijawabnya. Pernah juga, pas ketemu dosen yang rada senior, badan saya jadi lemes gitu (seriusan). Saya juga pernah cerita ke temen-temen mengenai kegalauan ini, bahkan temen saya udah nyuruh buat meet-up sekedar nanya topik doang. Tapi saya gak berani. Takut dikira anak kecil ga jelas yang minta dibimbing TA padahal gak tau apa-apa. Beda dengan temen-temen saya yang udah tau sampai ke topik-topiknya, bahkan udah ngasih judul. Masalah ini juga pernah saya bagi ke senior, dan mereka memberi saran supaya saya minta topik ke dosen aja sekalian. Dengar-dengar selentingan, katanya dosen di prodi saya pada anti ngasih topik, mahasiswanya disuruh cari topik baru boleh ngelamar dosen. Langsung aja deh keringat dingin bercucuran dan berasa ciut. Belum lagi dengan peer-pressure dari teman-teman, pas liat status FB dan twitter pada bahas sedang bikin TA, atau pas ketemu pasti mereka sedang TA. Super minder.

Minggu ini, akhirnya saya ambil keputusan untuk memilih. Berawal dari kemarin pas ngembaliin proyektor dan kunci lab abis asistensi, ketemu sama dosen yang rada senior, dan memberanikan diri untuk membuat janji untuk esok harinya. Beliau sempat bertanya, “Mau ngapain?” Yaudah, saya jawab saja dengan urusan mau TA. Maka, keesokan harinya, yaitu hari ini, saya memberanikan diri ketemu sama beliau. Bikin janji kilat, untung beliau lagi nganggur sih, jadi saya disuruh nunggu sekitar setengah jam soalnya beliau mau shalat dulu. Balik lagi ke tempat beliau yang rame sama kakak-kakak 08, ternyata mereka bilang kalau beliau udah nungguin saya. Maka, perjuangan pun dimulai.

Lokasi: Lantai 2 BSCB

Saya: Pak, saya mau TA sama bapak.

Beliau: Kamu mau TA-nya topik apa?

Saya: Geotermal, Pak. Mau pake microgravity.

Beliau: Oke, Time-lapse ya. Pake 4D.

Saya: *bingung, kok sama kayak yang didoain, ya?*

Beliau: -naninunaninunaniunupegelahnulisnya- Oke, saya minta kertas.

Saya: Buat apa, Pak?

Beliau: Buat nulis nama dan nomor telepon kamu.

Terus saya bengong. Gak ngerti lagi.

Jadi, hari ini, 17 Oktober 2012, log 10 (TA) resmi diluncurkan.

Semoga, bulan 07 atau 10 tahun 2013, proyeknya sudah kelar.

Amin.

 

Special thanks to God Almighty, parents, brother, partner-in-crime, and Mr. DD 🙂

Leave a comment